Apa Yang Boleh Di Lakukan di Masjid

Kata masjid terulang sebanyak dua puluh delapan kali di dalam Al-Quran.Dari segi bahasa, kata tersebut terambil dari akar kata sajada-sujud, yangberarti patuh, taat, serta tunduk dengan penuh hormat dan takzim.Meletakkan dahi, kedua tangan, lutut, dan kaki ke bumi, yang kemudiandinamai sujud oleh syariat, adalah bentuk lahiriah yang paling nyatadari makna-makna di atas. itulah sebabnya mengapa bangunan yang dikhususkanuntuk melaksanakan shalatdinamakan masjid, yang artinya “tempat bersujud.”

Pada masa Rasulullah Saw fungsi masjid adalah sebagai berikut:

1. Tempat ibadah (shalat, zikir).
2. Tempat konsultasi dan komunikasi (masalah ekonomi-sosial budaya).
3. Tempat pendidikan.
4. Tempat santunan sosial.
5. Tempat latihan militer dan persiapan alat-alatnya.
6. Tempat pengobatan para korban perang.
7. Tempat perdamaian dan pengadilan sengketa.
8. Aula dan tempat menerima tamu.
9. Tempat menawan tahanan, dan
10. Pusat penerangan atau pembelaan agama.

Apabila melihat dari fungsi masjid maka fungsi masjid mencakup segala aspek kehidupan kita. Mungkin akan lebih mudah apabila kita ketahui saja apa-apa yang dilarang dilakukan di masjid.

Rasulullah Saw berkata: “Jika engkau mendapati seseorang menjual atau
membeli di dalam masjid, katakanlah kepadanya, “Semoga Allah tidak memberi keuntungan bagi perdaganganmu,” dan bila engkau mendapati seseorang mencari barangnya yang hilang di da1am masjid, maka katakanlah, “Semoga Allah tidak mengembalikannya kepadamu (semoga engkau tidak menemukannya).”

Masjid-masjid tidak wajar untuk tempat kencing atau (membuang sampah). Ia hanya untuk (dijadikan tempat) berzikir kepada Allah Ta’ala, dan membaca(belajar) Al-Quran (HR Muslim).

Rasulullah Saw berkata: “Siapa yang makan bawang putih atau merah hendaklah menghindar dari masjid kita”.

Apabila mencoba menelaah hadits-hadits di atas, maka kita akan mendapatkan pengertian bahwa segala kegiatan yang membawa kepada ketidaknyamanan(seperti bau, sampah, dsb) adalah dilarang oleh Rasulullah Saw. Demikianpula kegiatan yang membawa atau membawa potensi kericuhan dan pertengkaran (seperti dicontohkan perniagaan dan pencarian barang hilang) juga dilarang oleh Rasulullah Saw.

————————————-
Tentang Non-Muslim Masuk Masjid
————————————-

Ulama berbeda pendapat tentang boleh tidaknya seorang yang memeluk agama di luar islam untuk masuk masjid. Sebelum kita memabahas boleh atau tidaknya, akan lebih baik kita memahami alur berpikirnya.

Dari Aisyah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ku halalkan masjid bagi orang yang junub dan haidh.” (HR Bukhari, Abu Daud dan Ibnu Khuzaemah).

Beranjak dari hadits ini maka digeneralisasi bahwa orang yang non muslim(yang tidak melakukan mandi janabat – junub) , tentulah dilarang untuk masuk masjid.

Namun dalam kasus yang lain ternyata ada hadits yang menjelaskan bahwa
Rasulullah Saw menempatkan utusan Bani Tsaqif di Masjid, sedangkan mereka adalah orang-orang kafir, beliau pun bersabda: “Tidak ada di muka bumi ini kenajisan manusia sedikit pun, hanya saja kenajisan manusia itu atas diri mereka sendiri”. (HR At-Thohawi dalam Syarah Ma’anil Atsaar 1/13)

Dalam kasus berkait dengan larangan orang haidh masuk masjid, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda kepada Aisyah ra : “Ambilkan khumrah (sejenis tikar) itu dari masjid !” Aku katakan, “Aku sedang haid.” Kemudian beliau bersabda: “Sesungguhnya haidmu bukan pada tanganmu.” (Diriwayatkan oleh Al-Jamaah kecuali Imam Al-Bukhari, lihat Al-Muntaqa 1/130).

Dari ketiga hadits di atas, nampak adanya perbedaan. Wajarlah apabila
dikalangan ulama juga terdapat perbedaan dalam melihat apakah seorang yang junub, haidh lebih jauh lagi non-muslim masuk ke dalam masjid. Yang mengharamkan berpegang berdasarkan dalil yang pertama, sedangkan yang menghalalkan mengambil dalil berdasarkan hadits ke-2 dan ke-3.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: