Sepenggal Kisah Tentang Kesombongan

Dahulu kala, dimasa pemerintahannya, Umar ibnul Khattab dengan pasukannya sedang dalam perjalanan menuju Damaskus. Abu Ubaydah Ibn Jarrah bersamanya. Mereka tiba disebuah oase kecil. Umar turun dari untanya, mencopot sepatunya, mengikat dan meletakkan dipundaknya. Dia juga melepaskan tali leher untanya dan keduanya bersama menuju air. Melihat pemandangan ini didepan rombongan pasukan, Abu Ubaydah menyela,” Wahai Amirul Mu’minin, bagaimana kamu bisa sedemikian rendah hati dihadapan pasukanmu?” Umar menjawab,” Celaka engkau Abu Ubayda! jika saja orang lain dan bukankanya dirimu yang berfikir semacam itu.Pikiran semacam inilah yang akan menyebabkan kemunduran bagi kaum Muslimin. Tidakkah engkau sadar, kita ini sesungguhnya orang rendahan. Allahlah yang meninggikan kita dengan kehormatan dan kebesaran melalui Islam. Jika kita lupa siapa diri kita dan berharap selain dari Islam, yang meninggikan kita, pastilah Allah yang mengangkat kita akan merendahkan (derajat) kita.”

Muhammad ibn Ziyad melaporkan bahwa ketika Abu Hurairah diangkat menjadi gubernur Medinah, beliau kerap kali berjalan di pasar membawa tumpukan kayu di punggungnya dan berteriak nyaring, “buka jalan, biarkan gubernur lewat!” Orang-orang kemudian menyahut,”buka jalan biarkan rakyat melihat pemimpinnya lewat!

Abdullah bin Salam juga kerap dijumpai di pasar membawa tumpukan kayu-kayu di atas punggungnya. Ketika ditanyakan kepadanya mengapa melakukan hal yang sedemikian berat itu? Beliau menjawab, “Aku ingin mengikis seluruh tanda-tanda kesombongan dalam hatiku karena aku mendengar Rasulullah bersabda bahwa tidak akan masuk surga orang yang didalam hatinya terdapat seatom kesombongan.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: