Beberapa Hadits Tentang Shalat dari Mukhtaarul Ahaadits

Apabila seorang hamba berdiri dalam shalatnya, maka ditaburkan di atas kepalanya kebajikan (al birr) hingga ia rukuk. Apabila ia rukuk maka ia diselimuti oleh rahmat Allah hingga sujud. Orang yang bersujud berarti ia sedang sujud di hadapan Allah SWT, karena itu hendaknya ia meminta (al yas’al) dan mendekatkan diri (al yarghab)

Riwayat Abu Sa’id Ibnu Manshur

91. Apabila seseorang di antara kalian memasuki masjid, hendaklah mengerjakan shalat dua rakaat sebelum duduk.

(Riwayat Jamaah)

107. Apabila seseorang dari kalian mengerjakan shalat, maka kerjakanlah seperti shalatnya orang yang menyangka tidak akan lagi mengerjakannya untuk selamanya

(Riwayat ad Dailami melalui Ummu Salamah)

160. Beristiqamahlah kalian, sebaik-baik perkara adalah istiqamah, dan sebaik-baik perbuatan kalian adalah shalat, tiada seorang pun yang dapat memelihara wudhu selain orang mukmin.

(Riwayat Ibnu Majah melalui Abu Umamah)

565. Ada lima waktu shalat yang telah difardhukan oleh Allah SWT. Barangsiapa berwudhu dengan baik dan mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktunya, lalu ia menyempurnakan rukuk, sujud dan khusuknya, maka ia akan memperoleh janji dari Allah, yaitu Dia akan mengampuninya. Dan barangsiapa tidak mengerjakan hal tersebut, maka dia tidak akan memperoleh janji dari Allah, apabila Dia menghendaki tentu Dia akan mengampuninya, dan apabila Dia menghendaki (selain itu) tentu Dia mengazabnya.

(Riwayat Baihaqi melalui Ubadah ibnu Shamit ra)

566. Ada lima waktu shalat yang telah diwajibkan Allah atas hamba-hamba (Nya), barangsiapa mengerjakannya dan tidak meninggalkannya pula tidak menganggap enteng atas kewajiban tersebut, maka ia akan memperoleh janji dari Allah, yaitu Dia akan memasukannya ke dalam surga. Dan barangsiapa tidak mengerjakannya, maka ia tidak memperoleh janji Allah, apabila Dia suka tentu mengazabnya, dan apabila Dia suka tentu Dia memasukkannya ke dalam surga.

(Riwayat Ibnu Majah melalui Ubadah ibnu Shamit ra)

715. Shalat berjamaah pahalanya sama dengan dua puluh lima kali shalat sendirian. Apabila shalat berjamaah itu dilakukan di tanah lapang, lalu ruku dan sujudnya dikerjakan secara sempurna, maka pahalanya sama dengan lima puluh kali shalat sendirian.

(Riwayat Hakim melalui Abu Sa’id)

716. Shalat adalah tiang agama; shalat adalah kunci segala kebaikan.

(Riwayat Thabrani)

984. Seandainya orang yang lewat di hadapan orang yang sedang shalat mengetahui akan dosa yang akan ditimpakan atas dirinya, niscaya ia lebih senang untuk berdiri selama 40 (tahun) daripada ia harus lewat di hadapan orang yang sedang shalat.

(Riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Juhaim al Anshari)

1011. Seseorang yang tertinggal shalat Ashar bagai orang yang kehilangan istri dan harta bendanya.

(Riwayat Syaikhan)

1029. Tidak sekali-kali seorang hamba berpaling dalam shalatnya kecuali Rabbnya berfirman “Ke manakah engkau berpaling hai anak Adam? Aku lebih baik daripada hal-hal yang engkau berpaling kepadanya.”

(Riwayat Baihaqi melalui Abu Hurairah ra)

1094. Tiadalah bagi seseorang yang sedang mengerjakan shalat kecuali di sebelah kanan dan kirinya terdapat malaikat; apabila ia menyempurnakan shalatnya dengan baik, maka kedua malaikat tersebut membawa shalatnya naik, dan apabila ternyata ia tidak menyempurnakannya, maka kedua malaikat tersebut memukulkan shalatnya ke muka orang yang bersangkutan.

(Riwayat ad Daruquthni melalui Umar ra)

1179. Barangsiapa memelihara shalat 4 rakaat sebelum shalat dhuhur dan 4 rakaat sesudahnya, maka diharamkan dia masuk neraka.

(Riwayat Al Arba’ah dan Hakim)

di kutip dari catatan fb Tessa Sitorini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: