kISAH DI BALIK TAHUN HIJRIAH

Muharram adalah bulan pertama dalam hitungan kalender Islam, atau lebih terkenal dengan “tahun Hijriah”. Berbeda dengan tahun Masehi yang dihitung berdasarkan perputaran Bumi terhadap Matahari, tahun Hijrian dihitung berdasarkan perputaran Bulan terhadap Bumi. Satu bulan terdiri atas 29 atau 30 hari, dan satu tahun terdiri atas 12 bulan.

Sesuai dengan namanya, Hijriah yang berarti hijrah atau berpindah, hitungan “1” kalender Islam dimulai ketika Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah. Ini bertepatan pada hari Jumat 16 Juli 622 Masehi – Usia Rasul saat itu sekitar 53 tahun. Rasulullah hijrah sesuai dengan perintah Allah, yang salah satu analisisnya adalah menyelamatkan kaum muslimin dari siksaan kaum kafir di kota Makkah. Sebelumnya, sebagian besar kaum muslimin sudah hijrah terlebih dahulu dan tidak mendapatkan rintangan dari kaum kafir – kelak mereka disebut kaum Muhajirin, yaitu kaum yang hijrah. Di dalam rombongan itu tedapat Umar bin Khatab r.a., yang dengan lantang dan gagahnya berkata, “Ini Umar hendak hijrah, siapa yang ingin istrinya menjanda dan anaknya yatim karena ingin menghalangi Umar silakan maju!”

Mungkin kaum kafir saat itu sengaja membiarkan rombongan muslim hijrah, supaya semakin sedikit
orang-orang di sekliling Rasul. Dengan demikian, semakin gampang Abu Jahal dan kawan-kawan memperdaya Rasul. Ketika sudah saatnya Rasulullah hijrah, orang yang pertama dikabarinya adalah Abu Bakar r.a. Seluruh kaum kafir di Makkah sudah siaga menghalangi kepergian Rasul. Ali bin Abi Thalib ditugaskan tidur di kamar Rasul sebagai taktik mengecoh kaum kafir. Rasulullah dan Abu Bakar keluar dengan tenang, berjalan di tengah-tengah patroli kaum kafir yang tidur berdiri karena kekuasanNya.

Cerita tidak hanya berhenti di sana. Saat harus berlindung di sebuah goa, Abu Bakar r.a. sedikit khawatir kalau-kalau ada patroli dari kaum kafir yang mengetahui persembunyian mereka. Jawab Rasul dengan lembut, “Wahai Abu Bakar, janganlah engkau khawatir karena sesungguhnya Allah bersama kita.” Disebutkan dalam cerita, di saat itulah iman Abu Bakar r.a. menjadi sempurna. Selanjutnya kisah menyebutkan, beberapa laba-laba atas perintah Allah menutupi mulut goa dengan jaring-jaringnya sehingga terlihat sebagai sebuah goa yang tidak pernah dimasuki.

Di Madinah, masyarakat menyambut baik kedatangan kaum muslimin dari Makkah. Tiga tahun sebelumnya, sekelompok masyarakat Madinah sudah ada yang menerima Islam. Dalam beberapa analisis disebutkan, sebagian besar orang-orang di Madinah adalah mereka-mereka yang masih beriman kepada Taurat dan Injil, yang di dalamnya disebutkan akan datangnya Nabi terakhir yang menyempurnakan agama yang dibawa Nabi Ibrahin a.s. Fakta-fakta inilah yang membuat Islam cepat diterima dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Madinah – kaum muslimin dari kota Madinah kelak disebut kaum Ansar.

Pada tahun 1 Hijriah ini juga, Rasulullah mendirikan Masjid Nabawi dan Bilal r.a. mengumandangkan azan untuk pertama kalinya atas perintah Rasul. Rasul juga memulai menyusun bentuk pemerintahan yang Islami, baik dari segi fisik (infrastruktur, administrasi) ataupun non-fisik (spritual, pendidikan). Kelak, bentuk inilah yang kemudian disebut sebagai “masyarakat madani,” sebuah tatanan sosial ideal yang diidam-idamkan oleh banyak filosofi abad ini.

Tahun kedua Hijriah ditandai dengan bergantinya arah kiblat, dari semula Masjid Al-Aqsa (Jerusalem) ke Masjid Al-Haram (Makkah), yaitu di mana Ka’bah berada. Pelaksaan puasa di bulan suci Ramadhan juga dilakukan pada tahun ini. Sejarah lain adalah Ali bin Abi Thalib r.a. menikahi sayyidah Fathima r.a. Dan, salah satu peristiwa penting di tahun kedua Hijriah ini adalah Perang Badar, perang pertama yang dilakukan umat Islam, perang yang penuh mukjizat dan hikmah, perang yang menjadi titik balik perjuangan umat Islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: