Kampung Kebinasaan

Rasulullah Muhammad saw bersabda:

“Wahai manusia, dunia ini adalah kampung kebinasaan dan bukanlah kampung keabadian, tempat kesusahan dan bukan tempat kebahagiaan. Maka, barangsiapa mengetahuinya, ia tidak akan berbahagia dengan kemewahannya dan tidak akan bersedih hati dengan kesengsaraannya.

Ketahuilah bahwasanya Allah swt telah menciptakan dunia semata-mata sebagai kampung ujian, dan akhirat sebagai kampung balasan. Dia menjadikan musibah dunia sebagai sebab bagi pahala akhirat, dan pahala akhirat sebagai ganti musibah dunia. Karena itu Dia mengambil untuk memberi, dan menguji untuk membalas.

Sungguh dunia itu cepat lenyap dan segera berubah! Karena itu berhati-hatilah kalian dalam menghadapi manisnya penyusuan karena pahitnya penyapihan. Tinggalkanlah kelezatannya saat kini karena kebenciannya saat nanti.

Janganlah kalian berusaha memakmurkan rumah dengannya, padahal Allah swt telah menghendaki kalian untuk menjauhinya. Jika tidak, kalian akan menjadi orang-orang yang menghadapi kemurkaan-Nya dan berhak untuk mendapatkan hukuman-Nya”

Zam-Zam Ahmad Jamaluddin Tanuwidjaya
-Dari kitab “Washaaya Ibnu Arabi”, 10 November 2010-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: