10 Malam Terakhir Ramadhan, Tawaf dan Tarwih Hijrah ke Mall

Semakin mendekati akhir Ramadhan, para ulama mengingatkan agar kualitas dan kuantitas ibadah ibadah harus ditingkatkan, karena menjelang 1/3 terakhir Ramadhan diyakini akan datangnya malam yang sangat di nanti-nantikan oleh umat muslim seluruh dunia, ibadah-badah sunah diperbanyak, tadarus sampai dengan ittikaf di masjid menjadi rekomendasi para ulama untuk mendapatkan malam seribu bulan (lailatul Qadar), malam dimana para mailaikat turun ke dunia untuk mencatat umat yang dengan khusyuk beribadah dan akan di ganjar pahala seolah-olah mereka beribadah selama seribu bulan.

Al Qur’an, wahyu Allah itu telah menyatakan jauh hari pada zaman Rasulullah terdahulu yang di nyatakan dalam surat Al Baqarah 183 yang menjadi landasan umat islam untuk menjalankan ibadah puasa, ” hai orang-orang yang BERIMAN diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagai mana di wajibkan kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa“. ya kata para ulama yang dipanggil oleh Allah untuk menjalankan perintah Saum/puasa itu hanya orang-orang yang beriman bukan orang islam, karena banyak orang yang mengaku Islam tapi tak beriman dan sebaliknya orang beriman sudah pasti Islam. memang betul kata pak Ustadz, sering kita jumpai orang Islam sak enak udel-e dewe ngepal-ngepul asap rokok atau makan di siang bolong ditempat terbuka di bulan Ramadhan kalah sama umat lain yang bisa menghormati umat Islam yang berpuasa dengan mencari tempat tertutup jika akan makan dan sebagainya, seolah-olah sudah dijamin masuk surga aja.

Bulan Ramadhan ibaratnya sebuah kompetisi di mana semakin menjelang akhir kompetisi para peserta yang masih bertahan semakin sedikit, ibaratnya yang tersisa adalah para jawara-jawaranya, begitu juga bulan ramadhan ini yang masih tetap bertahan dan masih istiqomah niatnya mencari ridha Allah adalah umat pilihan yang benar-benar Beriman, bagaimana yang disinyalir oleh surah albaqarah 183 itu. ini bisa kita lihat di masjid-masjid para jamaah shalat taraweh semakin hari mendekati akhir ramadhan jumlah para jemaahnya semakin berkurang, pak ustadz sering kali membuat lelucon dengan keadaan demikian yang menyatakan bahwa “banyak kemajuan di masjid-masjid di akhir ramadhan..!!!” kemajuan bukan dalam hal kualitas dan kuantitas ibadah umat, tapi shaf/ baris jamaah yang kosong di masjid semakin maju dengan kata lain jumlah orang yang sholat semakin berkurang. Kemanakah mereka ?.
Tak pelak lagi kemajuan zaman telah sukses membawa dampak yang kurang baik terhadap perilaku umat yang lebih cinta dunia, hedonisme telah tumbuh subur seiring dengan kemjuan zaman terutama di kota-kota besar, dunia lebih berharga dari pada akhirat, pragmatis adalah suatu fakta yang menentukan prioritas cara pandang dan cara berfikir umat, dunia adalah pragmatisme dan akhirat adalah suatu yang abstrak. sehingga kebutuhan akan dunia akan menjadi prioritas pertama yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Kemanakah mereka, para jemaah shalat terawih yang 2/3 awal ramadhan memenuhi masjid ?, ternyata arah kiblat mereka telah bergeser jauh dari 27 derajat, yang kemarin berjamaah shalat tarawih di masjid, kini mereka telah berjamaah berlomba-lomba memburu barang dengan pesta diskon yang ditawarkan oleh merchant-merchant di mall-mall. para umat Islam di saat-saat terakhir ini tengah sibuk mempersiapkan Idhul Fitri yang dalam hitungan hari akan menjelang. Selain berpergian ke mall-mall berburu barang untuk lebaran ada juga sebagian para ibu rumah tangga yang kemarin mengisi sebagian shaf di masjid kini mengisi kesibukan di dapur menyiapkan beraneka penganan untuk leberan mendatang.

ukuran-ukuran akhirat memang sangat susah dipahami karena sangat abstrak, dimana pahala yang berlipat yang akan di ganjarkan atas ibadah yang semakin intens dilakukan menjelang akhir ramadhan, terkalahkan oleh pragmatisme lebaran yang segera menjelang, Obral diskon Pahala ramadhan dimasjid kalah dengan Obral diskon di Mall, sehingga masjid di tinggal dan Mall-pun menjadi tempat bertandang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: