Tips Memilih Teman

Rasulullah bersabda: Seseorang itu menurut agama sahabatnya. Maka hendaklah seorang dari kalian memperhatikan orang yang dijadikannya sebagai sahabat.

Apabila kamu mencari teman dalam belajar dan sahabat dalam urusan agama dan duniamu, maka perhatikanlah lima sifat dalam dirinya:

1. Akal
Tidak ada manfaatnya bersahabat dengan orang bodoh. Bergaul dengan orang bodoh akan berujung pada ketidak-ramahan dan keterputusan.
Musuh yang pandai lebih baik daripada teman yang bodoh.

2. Akhlak yang Baik
Jangan bersahabat dengan orang yang buruk akhlaknya, orang yang tidak dapat menguasai diri pada saat marah dan bernafsu.

3. Kesalehan
Janganlah bersahabat dengan orang fasik yang terus menerus melakukan maksiat besar. Sebab, orang yang takut kepada Allah tidak akan terus menerus melakukan dosa besar.
Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya (dan adalah keadaannya itu melampaui batas (QS Al Kahfi: 28)

4. Tidak Tamak Terhadap Dunia
Bersahabat dengan orang yang tamak terhadap dunia adalah racun yang mematikan. Sebab, tabiat itu diciptakan untuk saling menyerupai dan mengikuti. Bahkan tabiat itu dicuri dari tabiat yang lain tanpa disadari. Oleh karena itu, bergaul dengan orang yang tamak akan menambah ketamakanmu, dan bergaul dengan orang-orang zahid akan menambah kezuhudanmu.

5. Kejujuran
Janganlah kamu bersahabat dengan pendusta, karena kamu akan selalu diperdayakannya.

(Dari Bidayah al-Hidayah. Karya Al Ghazali)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: