Sedekah Yuks !

Sahabat – sahabat yang budiman saya termasuk yang percaya khasiat bersedekah …mendekati Allah dengan Rahman dan Rahimnya..berikut sekelumit tulisan tentang sedekah yang semoga mampu mengetuk pintu kemurahan kita dan pintu Rahmat-Nya.

Tentang Kebaikan Sedekah

1. Kedudukan sedekah tinggi dan mulia. Bendahara atau penjaga sedekah tidak diserahkan kepada siapapun selain Allah swt. sendiri. Dengan tangan kekuasaan-Nya dan sifat-Nya yang maha meliputi segala sesuatu secara abadi, Dia akan menjaga bentuk gaib sedekah itu secara sempurna.

2. Disebutkan bahwa, “Allah Ta’ala membesarkan sedekah seperti engkau membesarkan anak unta. Kalau engkau menyedekahkan separuh kurma, Allah Taala melipatgandakannya. Dan pada hari kebangkitan kelak, apa yang engkau sedekahkan itu dikembalikan kepada hamba dalam bentuk seperti atau lebih besar daripada Gunung Uhud.

3. Disebutkan bahwa sedekah menyelamatkan orang dari kematian yang buruk, membawa rezeki, memudahkan pembayar utang, memperpanjang usia, mengelakkan tujuh puluh bentuk kematian yang buruk, dan Allah ta’ala membalasnya sampai sepuluh hingga seratus ribu kali lipat. Sedekah juga menambah kekayaan. Orang yang bersedekah di waktu pagi, maka dia akan diselamatkan dari bencana alam sepanjang hari itu. Jika ia bersedekah pada permulaan malam, dia akan diselamatkan dari bencana di sepanjang malam.

Salah Satu Rahasia Sedekah

Perlu diketahui bahwa manusia tumbuh dewasa dengan kecintaan kepada harta, kekayaan, dan perhiasan-perhiasan duniawi. Kecintaan ini lalu menimbulkan bekas dalam hatinya, dan lama-lama bekas itu menjadi sumber bagi banyak keburukan akhlak dan penyimpangan dari agama, seperti disebutkan dalam banyak hadis. Karena itu, kalau kita dapat meniadakan atau memperkecil rasa cinta ini melalui sedekah dan itsar (sikap mendahulukan kepentingan orang lain), kita akan dapat mencerabut bahan kerusakan dan membasmi benih kekejian ini. Dengan demikian, akan terbuka pintu-pintu makrifat Ilahiah, alam gaib, dan malakut, serta tertancaplah pelbagai kebiasaan dan watak mulia dalam jiwa kita. Jadi salah satu rahasia di balik pemberian harta (infak) yang wajib ataupun yang sunah—lebih khususnya lagi pemberian harta yang sunnah (sedekah)—ialah untuk menjebol keterikatan jiwa kita pada dunia ini.

Dikutip dari buku 40 Hadis Imam Khomeini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: