Sekelumit Tentang Thariqat

Tulisan ini merupakan jawaban dari pertanyaan bapak Rijal tentang apa itu Thariqat. Semoga bermanfaat yang benar datang dari Allah segala kesalahn datang dari diri pribadi saya .

Dalam Al-Qur’an, perkara mengenai thariqat banyak direpresenta-sikan melalui perjalanan hijrah Nabi Musa—nabi yang paling banyak disebutkan dalam Al-Qur’an—dan Bani Israil—mereka yang berjalan di malam hari menuju Allah Ta’ala. Peristiwa pembelahan laut yang menjadi salah satu mukjizat Nabi Musa adalah representasi dari perjalanan thariqat, di mana manusia berjalan di dalamnya tapi tidak tersentuh air. Tapi ada juga thariqat di mana manusia malah terbasahi oleh air.
قَالُوا يَا قَوْمَنَا إِنَّا سَمِعْنَا كِتَابًا أُنزِلَ مِن بَعْدِ مُوسَى مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ يَهْدِي إِلَى الْحَقِّ وَإِلَى طَرِيقٍ مُّسْتَقِيمٍ
Mereka berkata: “Hai kaum kami, sesungguhnya kami telah mendengarkan kitab yang telah diturunkan sesudah Musa yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada al-haqq dan kepada thariqi mustaqiim.” (QS Al-Ahqaaf [46]: 30)

وَأَلَّوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَاهُم مَّاء غَدَقًا {16}
Dan bahwasanya jikalau mereka tetap berjalan di atas al-thariqat itu, benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar. (QS Al-Jin [72]: 16)

وَلَقَدْ خَلَقْنَا فَوْقَكُمْ سَبْعَ طَرَائِقَ وَمَا كُنَّا عَنِ الْخَلْقِ غَافِلِينَ {17}

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan di atas kamu tujuh buah thariqat dan Kami tidaklah lengah terhadap ciptaan. (QS Al-Mu’minuun [23]: 17)

Sesungguhnya setan itu duduk mengganggu manusia dengan beberapa jalan. Ia duduk melakukan gangguan itu dengan thariqat al-Islam. Setan itu berkata kepada manusia: “Apakah kamu berserah diri, meninggalkan agamamu dan agama nenek moyangmu?” Tetapi manusia itu menantang setan dan berserah diri. Kemudian setan itu duduk mengganggu manusia dengan thariqat al-hijrah. Setan itu berkata: “Apakah kamu akan hijrah, meninggalkan bumimu dan langitmu?” Tetapi manusia itu menantang setan dan berhijrah. Kemudian, setan itu duduk mengganggu manusia dengan thariqat al-jihad. Setan itu berkata: “Apakah kamu akan berjihad, sedang jihad itu menghilangkan nyawa dan harta? Kamu akan berperang, lalu kamu terbunuh. Maka istrimu akan dikawini oleh orang lain dan hartamu akan dibagi-bagikan.” Tetapi manusia itu menantang setan dan berjihad.” Dan Rasulullah bersabda: “Barangsiapa berbuat demikian, lalu meninggal dunia, niscaya berhak bagi Allah memasukkannya ke dalam surga.” (Al-Hadits)
وَأَنَّا مِنَّا الصَّالِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَلِكَ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَدًا {11}
Dan sesungguhnya di antara kami ada shalihiin dan di antara kami ada pula yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh thariqat yang berbeda-beda. (QS Al-Jin [72]: 11)

Barangsiapa menjalani suatu thariqat (salaka thariiqan) untuk menuntut ilmu, maka dianugerahi Allah kepadanya thariqat ke surga. (Al-Hadits)

نَحْنُ أَعْلَمُ بِمَا يَقُولُونَ إِذْ يَقُولُ أَمْثَلُهُمْ طَرِيقَةً إِن لَّبِثْتُمْ إِلَّا يَوْمًا {104}
Kami lebih mengetahui apa yang mereka katakan, ketika berkata orang yang paling lurus thariqatnya di antara mereka: “Kamu tidak berdiam (di dunia) melainkan hanyalah sehari saja.” (QS Thaahaa [20]: 104)

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ وَظَلَمُواْ لَمْ يَكُنِ اللّهُ لِيَغْفِرَ لَهُمْ وَلاَ لِيَهْدِيَهُمْ طَرِيقاً {168}
إِلاَّ طَرِيقَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى اللّهِ يَسِيرًا {169}
Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan melakukan kezaliman, Allah sekali-kali tidak akan mengampuni (dosa) mereka dan tidak (pula) akan menunjukkan thariqat kepada mereka, kecuali thariqat ke Jahanam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (QS An-Nisaa’ [4]: 168-169)

Thariqat dikenal juga dengan nama olah jiwa—di samping tubuh yang juga perlu dilatih dengan olah raga, sebagaimana biasa dikerjakan banyak orang—dan berhubungan dengan konsep penemuan diri, ma’rifatullah, Konsep ini pun dibawa oleh semua Nabi hanya saja, sekali lagi, sering disamarkan, dan hanya terbuka bagi mereka yang benar-benar mencari Allah SWT saja. Misi hidup ini merupakan harta karun yang harus digali oleh setiap manusia di dalam dirinya sendiri, sebuah penggalian yang seharusnya akan membuat manusia sangat bersemangat sehingga hidupnya dapat terhindar dari kerugian besar ketika bertemu Allah SWT nanti.
Adapun thariqat itu sendiri mempunyai mempunyai tiga tujuan; dua tujuan yang pertama adalah mendapatkan dua rahmat dari Allah Ta’ala.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَآمِنُوا بِرَسُولِهِ يُؤْتِكُمْ كِفْلَيْنِ مِن رَّحْمَتِهِ وَيَجْعَل لَّكُمْ نُورًا تَمْشُونَ بِهِ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ {28}
Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan berimanlah kepada RasulNya, niscaya Allah memberikan rahmatNya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al-Hadiid [57]: 28)

Tujuan pertama thariqat adalah mendapatkan rahmat pertama, yaitu cahaya iman dan kesucian bayi, kesucian sebagaimana waktu pertama kali manusia lahir, keadaan di mana manusia belum lagi menumpuk dosa. Keadaan ini dinamakan juga dengan al-muththaharuun.
اللّهُ وَلِيُّ الَّذِينَ آمَنُواْ يُخْرِجُهُم مِّنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوُرِ وَالَّذِينَ كَفَرُواْ أَوْلِيَآؤُهُمُ الطَّاغُوتُ يُخْرِجُونَهُم مِّنَ النُّورِ إِلَى الظُّلُمَاتِ أُوْلَـئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ {257}

Allah pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya. Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan. Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2]: 257)

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُم مِّنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا {43}
Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikatNya, supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada al-mu’min. (QS Al-Ahzab [33]: 43)

Tujuan kedua dari thariqat adalah mendapatkan rahmat kedua, yaitu manusia/ insan akan mengingat misi hidupnya, mengingatkannya akan perjanjian primordial dulu dengan Allah SWT dan kemudian membimbingnya dalam menjalankan misi hidup tersebut. Tahap inilah yang dinamakan sebagai ma’rifatullah, tahap dimana seseorang setelah mengenal nafsnya maka akan mengenal Rabbnya, tingkatan syuhada.

وَيَوْمَ نَبْعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا عَلَيْهِم مِّنْ أَنفُسِهِمْ وَجِئْنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَى هَـؤُلاء وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِّكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ {89}

(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas nafs mereka sendiri, dan Kami datangkan engkau menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi al-muslimiin. (QS An-Nahl [16]: 89)

Sedang tujuan terakhir dari thariqat adalah menjadi hamba-Nya yang didekatkan (qarib). Hal ini merupakan puncak ma’rifatullah .suatu prestasi besar sseorang hamba untuk di dekatkan dengan penciptanya inilah orang orang yang di muliakan dan termasuk dalam golongan kanan dan yang beriman terlebih dahulu.

dan kamu menjadi tiga golongan. Yaitu golongan kanan[1448]. Alangkah mulianya golongan kanan itu. dan golongan kiri[1449]. Alangkah sengsaranya golongan kiri itu. dan orang-orang yang beriman paling dahulu, mereka Itulah yang didekatkan kepada Allah.( Al Waaqi’ah 56: 7.)

[1448] Ialah mereka yang menerima buku catatan amal dengan tangan kanan.
[1449] Ialah mereka yang menerima buku catatan amal dengan tangan kiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: