Mata Juga Puasa !

Puasa Mata

SEGALA puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah, keluarga dan sahabatnya.
Mata pun berpuasa. Puasa mata adalah menahan pandangan dari hal-hal yang diharamkan, tidak digunakan untuk kejahatan, dan ditutup rapat dari hal-hal yang dilarang.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, "Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya." (QS An-Nur: 30-31)
Mata adalah jendela hati dan pintu jiwa. "Dan akulah yang matanya dapat menyebabkan kematian maka siapakah yang menuntut, yang terbunuh dan yang membunuh."
Diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa Sayidina Ali alaihi salam bertanya kepada Rasulullah Muhammad SAW tentang pandangan. Rasulullah bersabda: "Kendalikan pandanganmu."
Orang yang tidak dapat mengendalikan pandangan matanya, akan tertimpa empat musibah, yaitu:
Pertama, hatinya akan selalu gundah di setiap tempat, terbelah di setiap belahan bumi, tak ada tempat berpijak yang kokoh, tak ada yang dapat menentramkan hatinya, tak akan ada ketenangan. Ia tertusuk, merintih dan mengeluh karena perbuatan mata, sebab pandangan dan tatapannya.
Kedua, jiwanya akan lelah, karena kehilangan atas apa yang dilihat mata dan tak dapat dicapai. Jiwanya akan gundah, sedih dan goncang.
"Dan Anda, ketika membebaskan matamu menjadi pengendali, maka pandangan akan sangat melelahkanmu. Anda akan tertimpa musibah yang tidak semua bisa dikendalikan, bahkan terhadap sebagiannya pun Anda tidak akan bisa bersabar."
Ketiga, ibadahnya akan hilang. Dengan membebaskan pandangan sebebas-bebasnya, maka ibadahnya akan hilang, ketaatannya tak terasa manis.
Kalau sudah begitu, katakanlah selamat tinggal kepada cahaya iman, bila mata tidak terdidik, tidak dijaga dari hal-hal haram, tidak mendapatkan nikmatnya iman. Karena, keyakinan akan diperoleh hanya dengan mengendalikan pandangan.
Keempat, kehormatannya aka ternodai. Dosa besar sebagai balasan karena mata kita menodai kehormatan, melanggar batas-batas haram.
Seseorang tidak jatuh ke dalam kubang kejahatan kecuali setelah ia membebaskan pandangannya yang membabi buta, dan kehilangan daya kontrol atas pandangannya. Sesungguhnya, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.
Salah seorang salaf bertutur, "Suatu ketika saya gunakan mata untuk berbuat haram, lalu aku menjadi lupa Al-Quran setelah 40 tahun menghafalnya."
Dalam menahan pandangan terdapat lima manfaat, yaitu
* Ketaatan kepada Allah Yang Maha Kuasa, terutama berkenaan dengan perintah mengendalikan pandangan. Dan dengan ini Anda dapat memperoleh kenikmatan dan kemuliaan di dunia dan di akhirat.
* Hati menjadi bersih, tenang, tentram, ceria, dan gembira
* Jauh dari petaka, aman dari bahaya dan berhati-hati untuk tidak terjerumus dalam kesalahan.
* Allah memberi hamba-Nya pertolongan berupa ilmu ma’rifah, taufiq, dan kebenaran sebagai balasan atas takwanya.
* Allah memberi kekuatan pembeda yang hak dan yang batil dalam hati orang-orang yang arif, memberi cahaya dalam hati orang-orang jujur. Dan, itu semua diberikan Allah untuk orang yang mampu mengendalikan pandangannya.
Maka, bila Ramadan telah masuk, mata pun diminta untuk berpuasa sebagai bukti ketaatan kepada Yang Maha Hidup dan Yang Maha Berdiri sendiri. Itu karena rasa lapar kerap memberi kesempatan kepada mata untuk memperoleh apa yang diidamkannya.
Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi kesejahteraan bagi orang yang matanya berpuasa.
Sehingga dia dapat memperoleh ridha,rahmat dan berkah-Nya.                                                 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: