PUASA AWAMI

Peringkat terendah puasa adalah umum atau puasa awami. Puasa umum ini adalah puasanya anak-anak, yang dilakukannya hanya sekedar mencegah dari hal-hal yang membatalkannya. Ia tidak menjaga mata dan penglihatan, lidah dan segala ucapannya, telinga dan pendengaran, kaki-tangan dan segala aktifitasnya, apalagi segala yang berputar dalam pikiran dan segala goresan hatinya.

 

Puasa seperti ini adalah cukup buat anak-anak, namun tidaklah memadai untuk seorang yang dewasa yang telah sempurna akalnya. Sehingga apabila seorang yang telah dewasa hanyalah melakukan puasa seperti ini, maka ia hanya akan mendapatkan lapar dan dahaga, tanpa memperoleh faedah apapun dari puasanya.

 

Betapa banyak orang yang berpuasa sedang ia tidak mendapat sesuatu dari puasanya itu selain lapar dan dahaga. (H.R An Nasa-iy dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah)

 

Banyak orang dewasa yang tiada menyadari, tanggung jawab yang berbeda antara dirinya yang telah sempurna akalnya dengan anak-anak yang belumlah sempurna akalnya. Mereka melakukan puasa hanya sebagai rutinitas saja, sebagaimana yang dilakukan pada masa anak-anaknya. Karena puasa semacam ini maka disebut sebagai puasanya orang-orang umum atau awam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: