MUQADDIMAH

 

Alhamdulillah,  segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan sebesar-besar karunia kepada hamba-hamba-Nya. Dengan menjauhkan mereka dari makar dan tipu daya syaithan yang senantiasa berdaya upaya hendak menjerumuskan mereka kedalam perangkapnya .
Maka dijadikan-Nyalah puasa sebagi benteng kukuh bagi para hamba-Nya, juga sebagai anak kunci yang dengannya ia akan mengenal Sang Pencipta dan kelak membuka pintu-pintu  surga.
Lalu dijelaskan-Nya kepada mereka bahwa hawa-nafsu dan syahwat yang bersemayam dalam diri mereka, adalah sebaik-baik sarana bagi syaithan untuk menipu dan memperdaya manusia.
Dan bahwa upaya mengekang nafsu-nafsu itu dapat membuat jiwa-jiwa mereka menjadi tenang dan damai, disamping memiliki kemampuan hebat guna mematahkan kekuatan musuh bebuyutan mereka itu.
Shalawat dan salam bagi Nabi Muhammad, pembimbing manusia dan perantara jalan sunnahnya. Juga untuk keluarga serta para sahabatnya, orang-orang yang tajam pandangannya serta lurus akal budinya.

 

Dalam kitab At Targhib Juz II/217-218 , diriwayatkan oleh Imam Ibnu Khuzaimah -bahwa Rasulullah saw berkhutbah:
Wahai manusia, sesungguhnya kalian akan dinaungi oleh suatu bulan yang agung lagi penuh berkah, yaitu bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan; bulan yang Allah telah menjadikan puasaNya suatu kewajiban dan bangun pada malam harinya adalah suatu hal yang sangat dianjurkan.
Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah dengan sebuah kebajikan di dalamnya, sama nilainya dengan menunaikan kewajiban di bulan yang lain. Dan siapa saja yang menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan, sama nilainya dengan orang yang mengerjakan 70 kali kewajiban tersebut di bulan yang lain.
Ramadhan adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya tiada lain adalah al Jannah (surga). Ramadhan itu adalah bulan memberikan pertolongan dan bulan Allah menambah rizki para mukmin di dalamnya. Siapa saja yang pada bulan itu memberikan makanan berbuka kepada orang yang puasa, maka perbuatan itu menjadi pengampunan atas dosa-dosanya, kemerdekaan dirinya dari api neraka, dan ia mendapatkan pahala seperti pahala orang berpuasa yang diberinya makanan berbuka itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu".
Para sahabat berkata: "Ya Rasululullah, tidak semua dari kami memiliki makanan berbuka untuk orang-orang yang berpuasa".
Rasulullah saw. pun menjawab: "Allah memberikan pahala tersebut kepada orang yang mem- berikan sebutir korma sekalipun atau sekedar seteguk air atau sehirup susu. Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang permulaannya adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, dan akhirnya adalah pembebasan dari neraka. Siapa saja yang meringankan beban dari orang yang dikuasainya, niscaya Allah mengampuni dosanya dan membebaskannya dari api neraka.
Karena itu perbanyaklah empat perkara di bulan Ramadhan ini. Dua perkara yang dengannya kalian menyenangkan Tuhan kalian dan dua perkara lainnya sangat kalian butuhkan. Dua perkara yang kalian lakukan untuk menyenangkan Tuhan kalian adalah: mengakui dengan sesungguhnya bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan kalian memohon ampunan kepada- Nya.
Adapun dua perkara yang sangat kalian butuhkan adalah kalian memohon surgaNya dan berlindung dari api neraka. Siapa saja yang memberi minum kepada orang yang berpuasa niscaya Allah akan memberinya minum dari air kolamku dengan suatu minuman yang dia tidak merasa haus lagi sesudahnya hingga ia masuk surga".
Dalam hadits yang lain dari Abu Hurairah ra, Nabi Saw bersabda; “Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau” (HR Bukhari dan Muslim).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: