Obat Penyakit Hati 2

Mengatasi Sakit (Hati)emoticon oleh W.Denny.P

SAKIT HATI

Bermasyarakat dan bergaul adalah hal yang positif tetapi dalam bergaul
banyak juga menimbulkan pergesekan pergesekan yang pada akhirnya bisa
bermusuhan. Gesekan-gesekan bisa ditimbulkan oleh berbagai sebab baik yang
sepele maupun yang prinsip. Kadang-kadang memang perselisihan ditimbulkan
oleh perkataan karena memang kata orang lidah itu tak bertulang. Kata-kata
bisa sangat menyakitkan hati dan sakit hati bisanya lebih susah sembuhnya.

Dalam kehidupan ternyata lebih banyak orang merasa di sakiti oleh ucapan
yang tak berkenan dibandingkan secara fisik. Dari hanya sekedar ucapan bisa
menimbulkan perkelahian secara pribadi ataupun  perkelahian beramai-ramai.
Bakan sampai peperanganpun biasanya asalnya dari hal-hal yang sepele.

Saya berusaha banyak belajar dari prilaku orang dan akibatnya dan juga
berguru pada siapa saja yang dapat memberikan pelajaran berharga tentang
kehidupan. Dalam bahasa sunda "Jadi Jelema mah ulah sok dahar silet" yang
artinya jadi manusia itu jangan suka menyakiti hati orang.

Karena saya termasuk orang yang mudah sekali sakit hati. Ketika saya sakit
hati saya merenung kenapa yah kok terasa sakit di dada. Kemudian saya
mendapatkan jawaban sebetulnya penyebab sakit itu adalah diri sendiri dan
akhirnya saya belajar cara menyembuhkannya.  Ada beberapa tahap cara saya
penyembuhannya :

1.    Identifikasi
Identifikasi ini adalah dengan merenung dan mengendapkan sejenak persoalan
itu, kemudian setelah agak tenang baru memulai untuk mengindentifikasi,
misalnya dengan bertanya kepada diri sendiri. Kenapa yah sakit…, dari sini
kita akan tahu oh ternyata saya ini sakit karena merasa terhina. Kenapa kita
dihina orang, apakah kita memang seperti yang dituduhkan orang. Jika Ya,
kemudian kita Istigfar dan mohon ampunan dari Allah SWT. Jika tidak yah
ngapain mesiti dipikirin.

2.    Mengobati
Jika hasil dari Identifikasi sudah ketemu masalahnya langkah selanjutnya
adalah mencoba untuk mencari obatnya. Ternyata obat yang paling manjur
adalah mengobatinya dengan Plester seperti juga luka pada fisik, tapi
Plester yang ini lain. Plester yang dimaksud adalah dengan Plester
"Berprasangka baik pada orang itu", tidak sekaligus sembuh memang tapi akan
bertahap dan akhirnya sembuh juga. Kalau sakit hatinya agak berat plesternya
juga makin tebal. Insya Allah lama2 juga akan sembuh dengan sendirinya.

Demkian perngalaman saya untuk mengatasi rasa sakit (hati) semoga
bermanfaat. Saya juga tidak sempurna tapi saya hanya membagi pengalaman dari
waktu ke waktu dan dengan sembuhnya rasa sakit ini akan terasa kok bahwa
kita ini Merdeka, Bahagia dan tetap tersenyum….Punten kalau ada kata2 yang menyinggung perasaan ini hanya sharing saja kok.

Leave a Reply

